Jumat, 03 Mei 2013

TRAGEDI HILLSBOROUGH #JFT96

 

Tragedi Hillsborough #JFT96

Klub ini juga terlibat dalam dua tragedi besar dalam sepak bola Eropa, yaitu dalam Tragedi Heysel pada 1985 dan Tragedi Hillsborough pada 1989. Tragedi Heysel mengakibatkan klub-klub dari Inggris dilarang tampil di ajang kejuaraan Eropa selama 5 tahun.
Salah satu tragedi paling kelam hadir di dunia sepak bola pada 15 April 1989. Sebanyak 96 suporter Liverpool, tewas akibat peristiwa berdarah di Stadion Hillsborough, Sheffield.
Jumlah korban meninggal tersebut tercatat sebagai yang tertinggi dalam sejarah sepak bola Britania Raya. Bahkan menjadi yang terbesar ketiga di dunia. Tragedi Hillsborough adalah peristiwa di stadion kedua yang melibatkan Liverpool, setelah Tragedi Heysel pada 1985.
Tragedi terjadi saat gelaran semifinal Piala FA antara Liverpool kontra Nottingham Forest di Stadion Hillsborough, kandang Sheffield Wednesday. Saat itu, kapasitas stadion 40.000, tak lagi mampu menampung penonton yang menerobos masuk. Kondisi itu membuat penonton saling berdesakan, terjepit hingga terinjak. 730 orang dilaporkan luka-luka di dalam stadion dan 36 juga terluka di luar stadion. Sebanyak 96 orang tewas, semuanya pendukung Liverpool. Meski dua diantaranya mengembuskan napas setelah kejadian akibat luka cukup serius
Kisah menyedihkan dialami suporter bernama Tony Bland. Dia korban yang mampu bertahan hidup dalam tragedi tersebut, tapi meninggal tiga tahun kemudian. Tony Bland mengalami koma selama tiga tahun karena kerusakan otak parah akibat kekurangan suplai oksigen, Ahirnya, pada 3 Maret 1993, Tony Bland pun tutup usia. Dia adalah korban ke 96 dalam tragedi Hillsborough.
Dari 96 korban Hillsborough yang tewas, pun terdapat sepupu kapten Liverpool saat ini, Steven Gerrard, yakni Jon-Paul Gilhooley. Saat kejadian tersebut, Gilhooley baru berusia 10 tahun.
Pengungkapan tragedi Hillsborough sempat dihiasi kontroversi. Salah satunya adalah headline harian The Sun yang berjudul ‘The Truth' , yang mengatakan bahwa penyebab insiden Hillsborough adalah para Liverpudlian. Pemberitaan tersebut akhirnya  menyebabkan aksi boikot untuk harian The Sun di seluruh wilayah Merseyside.
Kini, fakta dibalik tragedi tersebut diungkap ke publik oleh sebuah komisi yang didirikan untuk menyelidiki tragedi Hillsborough bernama Hillsborough Independent Panel (HIP). Mereka melakukan penyelidikan terhadap instansi pemerintah, South Yorkshire Police (SYP) dan dewan kota. HIP berhasil mengumpulkan dokumen-dokumen fakta dibalik tragedi Hillsborough.
Dokumen tersebut menyatakan, tragedi Hillsborough terjadi karena kelalaian polisi dalam mengantisipasi membludaknya penonton. Selain itu, dokumen tersebut mengungkapkan bahwa SYP bersama dengan panitia pelaksana pertandingan membelokkan isi berita acara.
Hasil penyelidikan HIP antara lain:
  • Kepala Kepolisian Yorkshire Selatan Peter Wright  memberikan laporan  palsu ke anggota parlemen dari Partai Konservatif, Irvine Patnick. Kepolisian memberikan laporan palsu bahwa kejadian Hillsborough akibat dari ulah pendukung Liverpool.
  • Sebanyak 164 laporan yang dibuat oleh kepolisian memilki tujuan untuk mendukung laporan yang tetap menyalahkan pendukung Liverpool dan 116 pernyataan yang menyalahkan kepolisian akhirnya dihilangkan dalam laporan ke pihak parlemen.
  • Hasil tes alkohol terhadap 96 korban meninggal tidak dilaporkan dalam laporan dan cenderung disimpan.
  • Hasil pantologi menyebutkan bahwa pada pukul 15.15 terdapat 31 korban yang jantung dan paru-parunya masih berfungsi, namun dalam laporan menyebutkan bahwa dalam jam tersebut seluruh korban telah meninggal dunia.
  • Adanya tuduhan yang menyebutkan bahwa ada kelompok fans yang mabuk-mabukan dan membuat kerusuhan pada waktu itu.
  • PM Margareth Thatcher menyadari bahwa adanya kecaman terhadap pihak kepolisian, namun tidak ditanggapi dengan serius.
  • Layanan darurat seperti ambulans terlambat datang ke stadion karena terhalang oleh ribuan fan yang berhamburan di luar stadion,
  • Tidak adanya bukti yang menunjukkan bahwa aksi mabuk-mabukan suporter menyebabkan kekacauan.
  • Medis Yorkshire Selatan tidak memberikan layanan yang baik bagi korban Hillsborough.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar